Apakah Madu Mentah Sarang Boleh Dimakan?

Madu mentah sarang, merupakan cara lain menikmati madu langsung dari sarangnya. Kedengarannya memang aneh, namun mengonsumsi madu langsung dari sarangnya bukanlah masalah. Justru di sarang tersebut khasiat utama madu bisa diperoleh lebih banyak.

Dari segi rasa, madu mentah sarang tidak berbeda dengan citarasa madu pada umumnya. Manis, dengan sedikit aksen asam atau pahit telah menjadi ciri khas dari rasa madu mentah. Sementara teksturnya kenyal, seperti permen karet. Ketika rasa madunya telah habis, ampas sarang madu sebaiknya tidak ditelan (meski tidak berbahaya jika tertelan) agar tidak memberatkan kerja organ pencernaan.Apakah Madu Mentah Sarang Boleh Dimakan

 

 

Madu Mentah Sarang Sarat Kandungan Propolis

Madu yang dijual beserta sarangnya lebih mudah dipastikan asli ketimbang yang tidak. Akan tetapi, cukup sulit mencari produk madu yang dijual beserta sarangnya. Kebanyakan produsen madu hanya menjual cairan madunya saja. Salah satu produk madu mentah yang menyediakan sarangnya sekaligus adalah Java Honey.

Java Honey merupakan brand dari produk madu yang telah terbukti keasliannya. Bahkan mencari merek madu murni di apotik dengan Java Honey tidaklah sulit. Variannya pun beraneka macam, termasuk madu sarang itu sendiri. Jika Anda berminat, produk madu Java Honey bisa dipesan secara online melalui situs javahoney.id. Jangan khawatir, pembeli produk-produk Java Honey berasal dari seluruh Indonesia. Bahkan beberapa pelanggan dari luar negeri pun tak ragu membeli dan menggunakan madu Java Honey untuk melengkapi kebutuhan nutrisi mereka.

Menyoal madu sarang, ada tiga kandungan utama yang paling diharapkan dari madu yakni propolis, pollen, dan royal jelly. Dalam bidang kesehatan, propolis memegang pernan besar dalam upaya penyembukan dan pencegahan suatu penyakit. Akan tetapi, tahukah Anda terbuat dari apakah propolis tersebut?

Propolis terbuat dari kulit dan pucuk muda pepohonan yang dikumpulkan oleh lebah pekerja. Bahan pembuatnya bersifat lengket seperti getah. Itulah yang membuat sarang madu menjadi kenyal seperti permpen karet ketika dikunya. Oleh lebah, kulit dan pucuk muda pepohonan yang dikumpulkan tersebut digunakan untuk menutupi celah atau lubang-lubang dalam sarang mereka, seumpama lapisan semen pada tembok. Lapisan lengket inilah yang akan menjaga lebah, koloni telur, dan larva lebah agar tetap dalam kondisi steril.

Berdasarkan penelitian, terungkap fakta bahwa dari 8 juta jenis serangga yang ada di muka bumi ini, hanya lebah lebahlah yang dapat menghasilkan propolis. Propolis merupakan suatu zat imunitas yang paling sulit dilumpuhkan oleh bakteri. Berbagai analisis kimia juga membuktikan bahwa propolis sarat akan kandungan nutrisi kompleks. Sedikitnya, mengandung protein dari 16 jenis asam amino bebas, vitamin A, B kompleks, C, D, E, bioflavanoid, dan biotin. Khusus untuk bioflavanoid dalam propolis, setara dengan 500 buah jeruk. Dan, untuk mengasilkan 20 gram propolis saja melibatkan minimal 200.000 ekor lebah dan waktu satu tahun. Pantas saja harga propolis yang asli harganya sangat mahal.

Manfaat Propolis untuk Tubuh

Beberapa manfaat nyata dari propolis yang dihasilkan sarang lebah antara lain sebagai berikut.

  1. Sebagai Anti Oksidan

Proses metabolisme, terutama reaksi yang berkenaan dengan oksigen memicu pembentukan molekul-molekul tanpa pasangan atau biasa deisebut dengan radikal bebas. Radikal bebas bersifat reaktif. Dalam jumlah besar, dapat membahayakan bagi sel-sel normal dan menimbulkan dampak abnormal pada sel.

Apabila sistem kekebalan tubuh gagal menghancurkan sel abnormal tersebut maka timbullah berbagai penyakit sesuai dengan posisi sel abnormal berada. Misal, sel yang rusak/abnormal banya berada di ginjal, maka fungsi ginjal akan mengalami gangguan. Atau, sel yang rusak berada di organ paru-paru, maka penyakit paru-parulah yang akan muncul.

Oleh sebab itu, tubuh membutuhkan zat anti oksidan alamiah yang mampu menetralkan radikal bebas. Salah satu yang dapat kita andalkan adalah madu mentah, bahkan dengan sarangnya sekaligus. Dari madu tubuh akan memperoleh propolis yang didalamnya mengandung sejumlah vitamin dan enzim-enzim alami yang tak kalah penting seperti Superoxida Dismutate (SOD), Katalase, dan Glutathion Peroxydase (GPS).

  1. Sebagai Anti Virus, Jamur, dan Bakteri

Pada dasarnya, di dalam tubuh setiap orang terdapat virus, sebab lapisan protein menjadi tempat perkembangbiakan virus yang paling pas. Apabila lapisan tersebut tidak pecah, maka virus tidak membahayakan tubuh manusia itu sendiri. Bioflanoid dari propolis berperan aktif. Bioflanoid bekerja melindung lapisan protein agar tetap kokoh dan virus tidak terpencar-pencar.

Diketahui, propolis paling peka terhadap virus Staphyyococcus, Streptococcus, Herpes, E.Coli, H.Pilori, Salmonella Typhosa, virus influenza, dan jamur yang umum menyerang organ genital wanita dan penyebab keputihan.

  1. Atherosclerosis

Atherosclerosis, merupakan istilah medis dari pengapuran pembuluh darah yang disebabkan oleh kolesterol. Kolesterol dalam bentuk LDL paling banyak diangkut dari jaringan hati melalui pembuluh darah. Radikal bebas kemudian mengoksidasi LDL kolesterol tersebut hingga terbentuk oksi-LDL yang akan mengendap di dinding pembuluh darah. Akibatnya, terjadilah Atherosklerosis.

Atherosklerosis memang tidak disadari manusia. Namun, kita bisa mengurangi risiko dengan cara menjaga kadar kolesterol supaya tetap normal. Apabila atherosclerosis terus-menerus menumpuk, keluhan penyakit otomatis akan bermuculan seperti hipertensi, jantung koroner, hingga stroke.

Maka dari itu, sangat dianjurkan propolis dari madu mentah sarang sertiap hari. Kandungan nutrisi dan enzim-enzim penting di dalamnya telah terbukti efektif menurunkan risiko terjadinya atherosclerosis terutama pada mereka yang berusia lanjut.

  1. Sebagai Stimulator Imun

Sistem imun dibutuhkan untuk melindungi tubuh dari segala ancaman virus, bakteri, jamur, dan radikal bebas yang dapat memicu timbulnya suatu penyakit. Sayangnya, sebagian orang memiliki riwayat sistem imun yang buruk. Juga, mereka yang menderita penyakit berat tertentu seperti AIDS dan kanker. Penderita AIDS biasanya mengalami kerusakan limposit (T4-Cell), sehingga berujung pada kematian akibat infeksi. Sedangkan sistem imunitas penderita kanker goyah karena dampak dari racun kemo yang sangat tinggi, terapi sitostatika, pembedahan, hingga radiasi. Dengan lemahnya daya tahan tubuh, risiko terjadinya infeksi juga semakin besar dan harapan sembuh rendah.

Dalam hal ini, propolis bertindak sebagai stimulator imun dengan cara memperbanyak Limfo-T4.NK-Cell, makrofag, dan interleukin. Hasilnya, respon imun akan meningkat. Jika respon imun meningkat, maka zat-zat asing yang berpotensi merusak sel lebih mudah tersingkir. Itu sebabnya, dalam keadaan sehat ataupun sakit, sangat dianjurkan mengonsumi madu setiap hari.

  1. Sebagai Anti Tumor

Selain bertindak sebagai anti oksidan, propolis juga berandil besar sebagai anti tumor. Tumor terbentuk dari sekelompok sel abnormal/cacat yang terus-menerus memperbanyak diri hingga akhirnya tidak terkendali. Pada awalnya, tumor bersifat jinak. Karena tumor jinak jarang disadari, lambat laun tumor mberubah ganas atau dikenal dengan kanker.

Sifat anti tumor dan anti oksidan dari propolislah yang akan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sehingga menurunkan risiko terbentuknya tumor.

  1. Meregeneraikan Fungsi Organ Hati

Cirrhosis Hepatitis merupakan penyakit yang menyerang organ hati dan berdampak buruk bagi pengidapnya. Ketika fungsi organ hati terganggu, racun di dalam tubuh tidak bisa terfilter dengan baik sehingga menyebar ke seluruh organ tubuh. Orang dengan riwayat pemabuk berat, perokok, insomnia berat, paling berisiko terkena penyakit ini karena sistem imun tubuh mereka cenderung lebih mudah merosot sewaktu-waktu.

Saat sistem imun lemah, sel-sel hati yang sudah mati tidak terbuang sehingga menumpuk dan menyebabkan terbentuknya jaringan parut (jaringan ikat). Namun, mengonsumsi propolis dipercaya dapat membantu proses regenerasi sel hati dan membangun imunitas tubuh menjadi lebih baik.

Tak disangka, ternyata banyak juga manfaat yang bisa diperoleh dari madu mentah sarang yang sarat kandungan propolis. Untuk mengupayakan hidup sehat, tak ada salahnya pembaca setia manfaatmaduku.com ikut mencoba. Toh dengan tubuh yang sehat dan kuat, kita bisa semakin produktif.

Leave a Comment