Efek Samping Madu Diet Bagi Kesehatan

Madu diet diolah dan di kemas dengan tujuan memberi manfaat untuk kesehatan tubuh seperti program melangsingkan tubuh dan upaya mempertahankan bentuk tubuh yang ideal agar tidak mengalami Obesitas atau kegemukan.

Madu diet dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas dari polusi udara maupun makanan yang di konsumsi. Selain itu madu ini mampu meningkatkan sistem kekebala tubuh sehingga tingkat keberhasilan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang idela akan segera terwujud bagi anda yang menjalankan program penurunan berat badan disertai dengan mengkonsumsi madu diet ini.

 

Efek Samping Madu Diet Bagi Kesehatan

13 Efek Samping Madu Diet Bila Dikonsumsi Secara Berlebihan

Meskipun memiliki khasiat yang baik dalam menurunkan berat badan secara alami namun jika di konsumsi  tidak menggunakan aturan yang  benar madu diet juga dapat memberikan efek yang merugikan bagi kesehatan tubuh. Berikut kami ulas secara singkat tentang kandungan nutrisi, komposisi pembuatan dan efek samping madu diet.

A. Kandungan Nutrisi pada Madu Diet Bagi Tubuh

Madu diet memiliki  beberapa kandungan yang aktif membantu membakar timbunan lemak dalam tubuh secara alami sehingga sekara berangsur-angsur  berat badan  akan berkurang  atau langsing. Berikut beberapa kandungan nutrisi yang baik dalam madu diet.

1. Memiliki Kandungan Asam Yang Menyehatkan

Kandungan Asam glutamat, asam asetat, asam butirat, asam format, asam sukrinat, asam glikolat, asam malat, asam proglutamat, asam sitrat dan asam piruvat dalam madu diet membantu menutrisi tubuh,membantu memperlancar sistem pencernaan dan membakar lemak.

2. Memiliki Beberapa Vitamin Dan Mineral

madu diet mengandung Natrium, aluminium, besi, fosfor, kalsium, kalium, magnesium thiamin, riboflavin, asam askorbat, piridoksin, niasin, asam pantotenat, mangan, vitamin K, asam folat, biotin yang baik bagi kesehatan tubuh.

3. Memiliki Enzim Enzim Yang Menguntungkan Tubuh

  • Enzim peroksidase yang membantu mempercepat oksidae metabolisme sehingga organ-organ tubuh terhindar dari radikal bebas.
  • Enzim Inventase yang memproduksi senyawa sukrosa menjadi bentukan fruktosa dan gula
  • Enzim Diastase yang mampu mengontrol dan mengubah karbohidrat komplek menjadi karbohidrat sederhana yang siap diserap tubuh.
  • Enzim Oksidase yang membantu proses perubahan oksidase glukosa menjadi bentukan zat peroksida yang lebih sederhana

Madu murni yang telah di olah menjadi madu diet memiliki banyak keunggulan bagi orang yang sedang menjalankan program penurunan berat badan atau upaya mempertahankan bentuk badan yang ideal agar tidak mengalami kegemukan.

B. Komposisi Pembuatan Madu Diet

1. Madu Asli

Madu ini merupakan madu yang berasal dari sarang lebah khusus untuk pembudidayaan madu maupun lebah hutan liar dari nektar bunga.

2. Daun Jati Cina

Daun jati cina mempunyai khasiat menstabilkan lemak dalam darah jika di kombinasikan dengan madu sehingga sangat ampuh menurunkan berat badan maupun mempertahankan bentuk badan yang ideal.

3. Kemuning Tua

Kemuning tua telah di percaya sejak lama mampu menurunkan berat badan secara cepat an efisien.

4. Rimpang Bangle

Kandungan tanin dan falvonoid dalam Rimpang bangle mampu mempercepat pelarutan atau penghancuran lemak dalam jaringan tubuh terutama bagian perut. Jika anda mengimbangi dengan olahraga kinerja Rimpang bangle akan sangat cepat teras, anda tidak perlu melakukan olahraga terlalu berat cukup jalan kaki atau berlari santai selama 30 menit sehari.

5. Lidah Buaya

Zat zat saponin dan laktasit yang terkandung dalam lidah buaya dapat memperlancar buang air besar sehingga terhindar dari serangan sembelit serta melindungi usus dari serangan bakteri dan membersihkannya dari sisa sisa limbah makanan.

Madu diet yang diolah dengan bahan herbal khusus bermutu tinggi seperti ekstrak bangle, Jahe, kencur, lempuyang samgat efektif dalam penurunann berat badan dan untuk mempertahankan atau menjaga berat badan yang ideal. Namun madu diet mempunyai efek samping yang meresahkan bila dikonsumsi secara berlebihan tanpa aturan yang benar. berikut efek samping yang di timbulkan jika mengkonsumsi madu diet tanpa aturan atau berlebihan.

 

C. Efek Mengkonsumsi Madu Diet Secara Berlebihan

1. Asam Lambung Naik

Sifat madu yang tajam dan panas bagi lambung yang sensitif dapat membuat iritasi pada dinding lambung dan meningkatkan asam lambung ketika di konsumsi berlebihan.

2. Sering Buang Air Kecil

Enzim yang terkandung dalam madu dapat menggangu kandung kemih dan membuat kantung kemih tertekan sehingga air seni akan terdorong akibat aktifitas yang berlebihan dari enzim ini. Anda akan sering buang air kecil jika mengkonsumsi madu diet secara berlebihan.

3. Sering Buang Air Besar

Selain menganggu kandung kemih enzim dalam madu juga dapat mengakibatkaan terganggunya proses pembuangan feses disaluran anus. Dalam saluran pembuangan akan terjadi peningkatan cairan sehingga membuat seseorang merasa mulas dan ingin BAB secara terus menerus.

4. Mengakibatkan Dehidrasi

Jika mengkonsumsi madu terlalu banyak tanpa campuran air maka akan mengakibatkan tubuh dehindrasi karena madu dapat mengikat dan meresap cairan tubuh.

5. Kepala Pusing Pusing

Beberapa enzim yang terkandung dalam madu dapat menghambat darah menuju kepala dimana seseorang dapat merasa pegal pegal disekitar leher dan pusing pusing pada kepala secara berkesinambungan.

6. Meningkatkan Rasa Malas

Madu memiliki khasiat menenangkan pikiran,merubah suasana hati menjadi lebih rilek dan berfungsi sebagai pereda ketegangan bagi orang orang yang terserang stres atau depresi. Kondisi tubuh yang yang rilek meningkatkan rasa malas bagi seseorang yang kurang tidur atau sedang menjalani program pemulihan pada luka setelah bedah operasi.

7. Mengakibatkan Kram Perut

Sebaiknya menghentikan konsumsi madu bagi seseoraang yang mempunyai penyakit maag atau peradangan tukak lambung akibat alergi karena dapat mengakibatkan kram pada perut. Otot perut akan mengalami ketegangan akibat saraf saraf disekitar perut mengalami penekanan akibat adanya peradangan tukak lambung dan kondisi maag yang sedang tidak stabil.

8. Mual Dan Muntah

Mengkonsumsi madu berlebihan dapat mengganggu kinerja enzim pencernaan dan mengganggu aktifitas enzim disekitar ulu hati, sehingga akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada sekitar perutseperti mual dan muntah.

 

9. Mengakibatkan Demam

Mengkonsumsi madu diet dalam jumlah banyak saat tubuh kekurangan nutisi akibat program diet yang tidak benar dapat menganggu keseimbangan tubuh yang berujung munculnya demam.

10. Mengakibatkan Keracunan

Mengkonsumsi secara berlebihan bagi orang memiliki riwayat penyakit maag dan sedang menjalankan program diet dapat menyebabkan tubuh keracunan,tubuh menjadi lemas hingga hilangnya kesadaran.

11. Menyebabkan Diare

Sebaiknya hindari sementara waktu untuk mengkonsumsi madu bagi anda yang mengalami gangguan pencernaan atau penyakit maag yang sedang kambuh. madu dapat menyebabkan iritasi pad dinding lambung dan meningkatkan produksi cairan pada saluran pembuangan yang membuat seseorang terserang diare.

12. Mengakibatkan Sesak Nafas

Madu diet tidak dianjurkan dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki riwayat penyakit asma pada malam hari sebelum tidur. Kandungan herbal dalam madu diet dapat meningkatkan denyut jantung sehingga memicu kesulitan dalam bernafas dan susah tidur. Sebagian orang yang memiliki alergi terhadap herbal dalam madu diet jug akan mengalami sesak atau kesulitan bernafas.

13. Jantung Berdebar Debar

Jika seseorang memiliki penyakit jantung atau jantung lemah sangat tidak disarankan mengkonsumsi madu diet ini. Kandungan enzim pada herbal campuran madu diet dapat dapat menyebabkan jantung tertekan, terasa terhimpit dan berdebar debar sehingga sangat berbahaya karena dapat memicu gagal jantung.

Ibu hamil juga sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi madudiet ini karena pertimbangan beberapa bahan herbal didalamnya dapat membahayakan janin yang dikandungnya. walaupun madu sangat baik untuk kesehatan tubuh ibu hamil namun janin yang dikandungnya masih rentan terjadi penghancuran organ organ yang sedang akan terbentuk atau yang lebih parah lagi pada ibu hamil yang memiliki rahim yang lemah maka akan mudah mengalami keguguran.

Originally posted 2005-02-05 20:46:32.

Leave a Comment