Kandungan Madu Dan Manfaatnya

Madu merupakan cairan yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga. Lebah liar membangun sarang di dahan-dahan pohon, di langit-langit gua, atau di tebing jurang, sedangkan lebah yang dibudidayakan berada dalam sarang tertutup. Lebah menghasilkan nektar dari bunga-bunga yang beraneka jenis sehingga menghasilkan madu dengan rasa, aroma, dan khasiat yang berbeda.

Sejak dulu madu telah dipergunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan beberapa penyakit, diantaranya penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, stroke, obesitas, ginjal, maag, dan sebagainya. Sebagai obat alami, madu relatif aman sehingga bisa dikonsumsi bersamaan dengan konsumsi obat-obatan dari dokter. Selain bermanfaat sebagai obat, madu juga digunakan sebagai produk suplemen untuk menambah stamina. Selain itu madu juga bermanfaat untuk mempercantik penampilan wanita. Untuk hal yang satu ini Ratu Cleopatra dari Mesir telah melakukannya secara rutin. Sang Ratu yang cantik jelita itu selalu merawat kecantikannya dengan cara mandi madu. Berikut ini uraian tentang  kandungan madu dan manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan.

 

 

Kandungan Madu Dan Manfaatnya

 

Kandungan Nutrisi

Madu merupakan cairan manis yang sebagian besar berisi gula (dalam bentuk glukosa, sukrosa, dan fruktosa), vitamin (vitamin B1, vitain B6, vitamin B12, vitamin C), mineral (kalsium, kalium, natrium, fosfor, zat besi, mangan) dan senyawa lainnya yang berfungsi sebagai antioksidan (chrysin, pinobanksin, pinocambrin, katalase). Selain itu madu juga mengandung zat antibakteri yang dapat mencegah serangan beberapa  penyakit.

Madu Sebagai Penambah Stamina 

Madu dapat dimanfaatkan sebagai penambah stamina tubuh terutama bagi para pekerja keras. Sebetulnya semua jenis madu bisa digunakan tetapi yang paling cocok adalah jenis madu super yang terdiri dari madu + bee pollen + royal jelly. Selain itu jenis madu apel juga baik, karena selain dapat meningkatkan stamina, juga menjaga kekebalan tubuh  (imunitas) agar lebih tahan terhadap serangan penyakit. 

 

 

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh

Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Madu dapat membantu meningkatkan stamina tubuh, mengatasi kelelahan, menambah kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit, dan membantu mempercepat proses penyembuhan. Kaum pekerja keras dianjurkan untuk mengkonsumsi madu secara rutin. Dengan stamina yang baik tentu saja produktivitas kerja pun akan meningkat. Orang yang baru sembuh juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi madu secara rutin untuk memulihkan tenaganya.

Itu hanya sebagian kecil manfaat madu. Manfaat madu lainnya adalah dapat mengobati beberapa penyakit berat, antara lain penyakit jantung, diabetes, stroke, ginjal, maag, dan tifus. Beberapa penyakit seperti  sariawan,  jerawat dan luka pada kulit, gatal-gatal, dan infeksi kulit juga bisa diatasi dengan madu.

Manfaat Madu Untuk Kecantikan 

Selain digunakan sebagai obat, madu juga dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Beberapa maanfaat madu untuk wajah, diantaranya dapat mencerahkan/memutihkan kulit wajah secara alami, melembabkan kulit wajah dengan cara menjaga keseimbangan kadar air, mengatasi kulit kusam, mengatasi masalah jerawat karena memiliki zat antibakteri, mencegah penuaan dini, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Untuk perawatan wajah, madu bisa digunakan sebagai masker. Madu digunakan secara langsung tanpa campuran bahan lainnya. Penggunaan madu sebagai masker bisa pula dicampur dengan bahan lain atau buah, misalnya putih telur, kuning telur, susu, jeruk nipis, strawberi, alpukat, pisang, dan tomat. Cara penggunaannya; setelah wajah dibersihkan masker madu dioleskan ke seluruh permukaan wajah kecuali area mata dan mulut. Tunggu selama 20 menit (setelah masker mengering). Selanjutnya basuh wajah dengan air hangat hingga bersih.

Untuk merawat kecantikan rambut, madu juga bisa digunakan sebagai masker. Fungsinya adalah untuk menyehatkan rambut dan kulit kepala, mencegah dan mengobati ketombe, serta melembabkan rambut. Dengan penggunaan masker secara teratur, niscaya rambut Anda akan tampil lebih indah berkilau alami, sehat, dan terhindar dari ketombe, dan masalah rambut bercabang.

  • Masker dengan campuran madu dan kuning telur (bisa diganti buah alpukat), bertujuan untuk melembabkan rambut dan kulit kepala. Cara penggunaannya;  2-3 sendok makan madu dicampur satu butir kuning telur, atau bisa pula dicampur buah alpukat (Jika terlalu kental bisa ditambahkan air hangat). Kemudian oleskan masker ke seluruh rambut dan kulit kepala. Tunggu selama 30 menit. Setelah itu lakukan keramas dengan menggunakan samphoo yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Perawatan ini dilakukan 2-3 kali seminggu.
  • Masker dengan campuran madu dan jeruk nipis, bertujuan untuk mencegah dan mengobati ketombe. Cara penggunaannya; 2-3 sendok makan madu dicampur perasan satu sendok makan perasan air jeruk nipis. Kemudian oleskan ke kulit kepala. Tunggu selama 20 menit. Setelah itu lakukan keramas dengan menggunakan samphoo yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Perawatan ini dilakukan 2-3 kali seminggu.

Madu juga bisa digunakan untuk merawat bibir, caranya; sebelum tidur malam oleskan madu pada seluruh permukaan bibir. Biarkan hingga semalaman. Jika hal ini dilakukan secara rutin, bibir Anda akan tampak lebih indah, lembab, dan merah alami. Anda juga bisa mengoleskan madu pada bibir kapan saja Anda suka. Jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih minimal 8 gelas sehari untuk menjaga keseimbangan kadar air.

Madu juga bisa dimanfaatkan untuk melulur tubuh, caranya 10 sendok makan madu dicampur dengan satu butir telur ayam. Telur ayam bisa diganti dengan buah alpukat atau 2 sendok makan minyak zaitun. Selanjutnya campurkan semua bahan hingga rata dan gunakan untuk melulur seluruh tubuh Anda. Tunggu selama 20-30 menit (setelah lulur mengering). Kemudian mandilah dengan air hangat dan sabun bayi. Lulur madu ini berfungsi untuk melembabkan dan melembutkan kulit.

Manfaat madu untuk ibu hamil

Manfaat madu untuk ibu hamil.

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil 

Madu mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Kandungan nutrisi dalam madu antara lain; asam amino, glukosa, sukrosa, fruktosa, vitamin B1,vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, kalsium, kalium, magnesium, natrium, fosfor, zat besi, dan mangan. Dengan kandungan nutrisinya, madu dapat membantu menambah stamina, memulihkan tenaga, mencegah infeksi, dan mengobati penyakit keputihan (ibu hamil tergolong rentan terhadap penyakit keputihan, karena pengaruh hormonal, dan seringnya buang air kecil yang bisa memicu tumbuhnya jamur). Madu juga bisa memperkuat kandungan dan mengurangi rasa mual, serta dapat menambah nafsu makan. 

Manfaat Madu Untuk Bayi dan Balita

Madu mengandung  banyak nutrisi yang bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin dan mendukung tumbuh kembang bayi dan balita. Secara detail, manfaat madu untuk bayi dan balita antara lain;

  • meningkatkan nafsu makan ibu hamil sehingga bayi dalam kandungan menjadi lebih sehat. Untuk itu ibu hamil perlu mengkonsumsi madu setiap hari secara rutin.
  • mencegah infeksi bagi janin, bayi dan balita karena madu memiliki zat antibiotik.
  • membantu menjaga kesehatan dan kebersihan kulit bayi karena vitamin C yang terkandung di dalamnya. Jika ibu hamil rutin mengkonsumsi madu, maka saat lahir bayinya akan memiliki kulit yang sehat dan bersih.
  • membantu pertumbuhan fisik dan mental bayi.
  • mencegah penyakit hepatitis B bagi bayi dalam kandungan.
  • membantu mengeluarkan cairan yang mungkin terminum oleh bayi pada saat proses persalinan.
  • membantu pertumbuhan bayi dan balita menjadi lebih sehat.
  • madu dapat mencegah penyakit kembung.
  • meningkatkan kecerdasan bayi dan balita.

Begitu banyaknya manfaat madu bagi kesehatan dan kecantikan, maka mulailah untuk mengkonsumsinya mulai sekarang. Lakukan juga beberapa perawatan wajah, rambut, dan tubuh dengan madu. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda juga harus mengimbanginya dengan cara menjaga pola hidup sehat, yaitu; makan makanan bergizi yang sesuai standar empat sehat lima sempurna, mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari, istirahat cukup, olahraga teratur, serta hindari rokok dan minuman beralkohol.

 

Leave a Comment