Khasiat Madu Untuk Obati Insomnia

Madu merupakan cairan kental mirip sirup yang dihasilka lebah dari nektar bunga dan memiliki rasa yang manis walupun terkadang sedikit pahit. Terdapat berbagai jenis madu dipasaran, namun mereka memiliki kesamaan yaitu dapat menjaga kesehatan tubuh dan meyembuhkan berbagai macam penyakit. Menurut penelitian ilmiah yang dilakukan para dokter madu memiliki terbukti memiliki banyak khasiat yang baik bagi tubuh serta dapat meyembuhkan penyakit.

Banyak sekali manfaat madu bagi kesehatan tubuh kita termasuk sebagi obat untuk mengatasi insomnia. Benarkah demikian? kok bisa? Berikut ulasan mnegenai manfaat madu untuk mengatasai insomnia.

Khasiat-Madu-Untuk-Obati-Insomnia

 

5 Khasiat Madu Untuk Mengatasi Gangguan Susah Tidur (Insomnia)

1. Membuat Tubuh Rileks

Madu mengandung triptofan,serotonin dan juga hormon yang bisa merangsang sinyal relaksasi menuju otak pada saat tubuh terlelap. Hal ini di buktikan dengan penelitaian para ahli bahwa untuk mendapatkan tidur yang berkualiatas tubuh harus mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung zat triptofan

2. Tidur Lebih Berkualitas

Kandungan asam amino triptofan dalam madu dapat mengatasi gangguan tidur, selain itu mengkonsumsi satu hingga 2 sendok makan madu menjelang tidur membantu anda mendapatkan tidur yang berkualitas baik tanpa membuat berat badan anda naik.

3. Madu Meningkatkan Produksi Melatonin

Melatonin merupakan hormon yang dihasilkan kelenjar pineal yang terdapat dalam otak dan berfungsi menjaga siklus tidur dan bangun tbuh kita. Madu serta makanan manis lainnya memberikan efek menenangkan bagi tubuh namun madu memiliki kelebihan tersendiri karena hanya meningkatkan sedikit kadar gula dalam darah.

Hal ini sangat baik pengaruhnya bagi kesehatan tubuh karena kadar insulin dalam tubuh dapat terkontrol dengan baik sehingga asam amino triptofan dapat masuk kedalam otak. Di dalam otak senyawa triptofan berubah menjadi zat serotonin yang mampu meningkatkan relaksasi. Kelelenjar pineal merubah serotonin menjadi melatonin sat kondisi gelap gulita. melatonin merupakan zat yang di percaya mampu mengatasi gangguan Insomnia pada orang dengan gangguan depresi atau orang lanjut usia.

4. Madu Mengurangi Hormon Penyebab Stres

Penyebab utama seseorang mengalami susah tidur adalah stres,itu mengapa mengkonsumsi madu sebelum tidur dapat mengurangi produksi hormon penyebab stres sehingga kualitas tidur anda akan membaik. Madu merupakan bahan makanan dengan kandungan glikogen terbaik. Bila tubuh kehabisan glikogen maka otak akan memacu hormon stres seperti kortisol dan adrenalin untuk mengubah protein otot menjadi glukosa yang akhirnya menyebabkan gangguan tidur atau insomnia.

 

5. Menciptakan Energi

Berdasarkanpenelitian ilmiah ketika perut kosong manusia akan sulit tidur, makan dengn porsi kecil pad malam hari dapat memperbaiki kualitas tidur anda. Madu mengandung gula alami sehingga dapat menciptakan energi tanpa harus takut berat badan meningkat tajam

Cara Mengonsumsi Madu Untuk Mengatasi Insomnia

Mengkonsumsi madu sebagai obat dilakukan dengan banyak cara seperti dikonsumsi secara langsung,dicampur dengan air hangat serta meminumnya dengan campuran cuka apel. Menurut Dr. Brillianto M. Soenarwo madu dapat dikonsumsi dengan cara terbaik yaitu dikulum hingga lumer. Banyak orang mencampur madu dengan air hangat lalu meminumnya namun menurut penelitian car yang paling baik adalah dengan mnegulumnya.

Ketika kita mengulum madu akan bercampur dengan air liur didalam mulut sehingga campuran madu dan air liur itu akan membantu lambung mencerna fluktosa dengan baik. Bagi anda penderita penyakit maag, mengkonsumsi madu saat perut kosong akan membantu melapisi lambung dan mengatasi iritasi pad dinding lambung sehingga akan mengatasi penyakit maag. Berikut Cara yang baik dan benar mengkonsumsi madu untuk mengatasi insomnia:

  • Memastikan madu yang kita konsumsi bukanlah madu palsu yang telah bercambur dengan zat lainya yang dapat merusak kualitas madu .
  • Mengkonsumsi madu pad waktu yang baik seperti pagi sebelum sarapan dan menjelang tidur
  • Mengulum madu agr bercampur dengan air liur sehingga mudah dicerna lambung
  • Tidak mencampur madu dengan air terlalu panas maupun terlalu dingin saat mengkonsumsinya agar khasiat madu tetap terjaga
  • Meminumnya dalam kondisi duduk untuk menghind
  • Berdoa sebelum minum madu

 

Demikian tips khasiat madu untuk mengatasi insomnia atau gangguan tidur, selain mengatasi masalah insomnia madu juag memiliki banyak manfaat lainya mulai dari kecantiakn hingga kesehatan tubuh. Begitu besarnya manfaat madu untuk kesehatan tubuh kita sehingga bayak yang merekomendasikan mengkonsumsi madu murni setiap hari untuk menjaga kesehatan maupun mengobati berbagai macampenyakit tertentu.

 

Originally posted 2008-12-05 19:17:43.

Leave a Comment