Khasiat Madu Untuk Penderita Asma

Madu memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk  menjaga kesehatan maupun sebagai obat herbal yang ampuh untuk segala macam penyakit seperti gangguan pada  sistem pernafasan yang sering kita kenal dengan asma atau sesak nafas. Ternyata kandungan senyawa yang baik dalam madu  mampu membantu  mengatasi  sesak nafas  atau asma bila kita rutin mengkonsumsinya.

Khasiat-Madu-Untuk-Penderita-Asma

Madu Untuk Membantu Mengatasi Sesak Nafas (Asma)

Khasiat madu sangat baik bagi tubuh manusia, madu memiliki banyak kandungan zat yang dibutuhkan tubuh untuk menjadi lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Madu memiliki banyak manfaat dalam dunia pengobatan salah satunya bagi penderita asma. Banyak yang masih meragukan madu dapat digunakan sebagai obat asma atau tidak. Berikut kami beri ulasan singkat mengenai manfaat madu untuk penderita asma dan beberapa ciri penyakit tersebut.

A. Penyakit Asma

Asma merupakan penyakit yang timbul sebagai akibat dari peradangan dan penguncupan yang terjadi pada saluran pernafasan dan salah satu penyebab paru-paru basah. penyebab penyakit ini tidak dapat di prediksi namun yang pasti jika seseorang terkena penyakit asma bila terjadi perubahan dalam saluran pernafasannya. Berikut penjelasan singkat mengenai gajala penyakit asma:

1. Perubahan Pada Saluran Pernafasan

Yang dimaksud perubahan disini adalah terjadinya pembengkakan atau inflamasi yang menyebabkan saluran pernapasan menjadi menguncup serta menjadi sangat peka terhadap rangsangan dari luar. Hal ini merupakan penyebab asma muncul di kemudian hari.

2. Pernafasan Seperti Orang Bersiul

Ciri yang dapat dilihat secara kasat mata adalah pernapasan yang berbunyi layaknya orang sesang bersiul. Hal ini akan terlihat perbedaannya dengan orang normal ketika penderita asma menghembuskan nafasnya.

3. Batuk

Batuk hanya terjadi sesekali saja dalam beberapa kesempatan dan tidak dapat dijadikan indikasi terjadinya asma. Gejala batuk TBC biasanya terjadi ketika malam hari atau sehabis melakukan latihan fisik namun dapat dipastikan bila batuk tersebut terjadi lebih dari seminggu bisa dipastikan anda terkena asma.

4. Sesak Nafas Dan Dada Terasa Ketat

Ketika bernafas penderita bisa merasakan sesak nafas dan dada terasa ketat dan kesulitan dalam mengambil nafas dan membuangnya. Bahkan dalam kondisi tertentu ketika banyak lendir dalam saluran pernapasan asma tidak dapat ditahan.

Diperkirakan 80 percent asma menyerang anak-anak dan 50 percent pada orang dewasa, tiap individu yang diserang asma mengalami gejala yang berbeda-beda. Beberapa mengalami gangguan pernapasan yang ringan dan dalam waktu singkat dan beberapa yang lain mengalami keadaan sebaliknya.

 

Asma merupakan penyakit yang sulit di pahami karena gejala dan kejadiannya tidak menentu. Namun anda dapat membantu orang yang terkena asma seperti keluarga anda untuk mengatasi permasalahan penyakit ini dengan beberapa tips medis dari dokter maupun lembaga kesehatan tentang asma.

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan jika terkena asma:

  • Jauhkan diri anda dari debu.
  • Jauhkan diri anda dari asap rokok.
  • Menggunakan obat kostikosteroid.
  • Menggunakan kromolin.
  • Menggunakan ketotifen dan terapi imun.
  • Menggunakan obat-obat bronkodilator yakni obat yang berupaya mengembangkan saluran pernafasan dan melegakan pernafasan.

B. Madu bagi Penderita Asma

Menurut penelitian madu sangat baik bagi penderita asma karena membantu mengencerkan lendir yang terdapat dalam saluran pernapasan penyebab utama asma dan membuangnya keluar. Berikut beberapa ramuan madu yang dipercaya mampu meringankan penyakit asma:

  • Saat pagi hari minum satu sendok teh madu dicampur air hangat dapat memperlancar saluran pernapasan dan memberi efek lega atau plong pada dada anda.
  • Minum ramuan satu sendok teh madu ditambah air hangat dan satu sendok teh kunyit sebanyak 2 kali dlam sehari. Ramuan herbal ini berkhasiat memperlancar saluran pernafasan agar dada tidak terasa sesak saat bernafas.
  • Campurkan satu sendok teh kayu manis dengan satu sendok teh madu dan minum ramuan ini sekali dalam sehari, anda dapat meminum pada pagi hari ataupun malam hari untuk meredakan rasa sesak saat bernafas.
  • Mencampurkan satu sendok teh madu murni dengan satu sendok teh asafetida dan satu sendok teh bawang putih tumbuk atau jus bawang putih. Ramuan ini diminum 2 kali sehari pada pagi hari dan malam hari untuk meringankan rasa sesak di dada serta membuat pernafasan anda lebih nyaman.
  • Membuat ramuan satu sendok teh madu yang dicampur dengan daun kemangi yang dihaluskan atau jus daun kemangi. Ramuan ini sangat membantu penderita asma yang kesulitan bernafas menjadi lebih lega dan nyaman atau kembali normal. Hal ini karena kandungan senyawa yang baik dalam kemangi dan madu dapat membantu membersihkan saluran pernafasan sehingga anda dapat bernafas dengan lebih nyaman.

Itulah beberapa cara meringankan penderita asma dengan madu dengan beberapa ramuan herbal alami lainnya yang sangat ampuh mengatasi asma. ramua tersebut sangat membantu anda dalam mengatasi asma dan sangat baik bagi kesehatan tubuh selain memiliki rasa yang enak diminum tentunya. semoga bermanfaat.

Leave a Comment