Manfaat Madu Bagi Penderita Batu Ginjal

Madu merupakan cairan kental manis yang semua orang tentu mengenalnya karena lazimnya oraqng dewasa maupun anak-anak mengkonsumsi cairan kental manis ini sebagai campuran makanan maupun minuman mereka. Dibalik rasanya yang nikmat terdapat segudang manfaat yang didapat jik asering mengkonsumsinya secara rutin diantaranya untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengobati penyakit berat seperti batu ginjal akut. benarkah beberapa penyakit berat dapat diobati dengan madu? Banyak orang telah membuktikan khasiat madu ini.

Berbagai macam penyakit seperti kanker,diar,kolesterol,batu ginjal dan lainnya di percaya banyak orang dapat diatasi dengan madu.Bahkan menurut catatan medis madu menjadi salah satu obat alami yang mampu mengatasi berbagai penyakit. namun kali ini akan membahas manfaat madu untuk mengobati penyakit batu ginjal.

Manfaat Madu Bagi Penderita Batu Ginjal

4 Khasiat Madu Untuk Penderita Penyakit Batu Ginjal Kronis

Madu memiliki beberapa kandungan senyawa yang baik untuk mengobati penyakit ginjal dan dipercaya dapat meyembuhkan penyakit ginjal hingga benar-benar sembuh total. Berikut kami berikan ulasan beberapa manfaat madu untuk mengatasi penyakit ginjal:

A. Manfaat Madu Untuk Mengobati Penyakit Ginjal

Beberapa kandungan madu sangat dibutuhkan ginjal untuk memperbaiki diri saat mengalami kerusakan seperti Royal jelly, pollen dan propolis yang berperan sebagai penyedia mineral dan vitamin untuk metabolisme ginjal sangat mengalami gangguan. Selain itu madu mampu meregenerasi sel dan memperbaiki bagian ginjal yang bermasalah. Menurut banyak kasus madu dapat mengatasi kelainan ginjal bila dikonsumsi secara teratur. berikut beberapa uraian manfaatmadu untuk mengatasi batu ginjal:

  • Madu Sebagai Sumber Antioksidan sehingga ginjal akan terlindungi dari radikal bebas. Radikal bebas akan memperparah kondisi penyakit batu ginjal
  • Mengkonsumsi madu secara rutin dapat menguangi frekuensi mencuci darahsebagi akibat gagal ginjal dan mampu mengecilkan massa batu ginjal.
  • Madu mampu memperbaiki jaringan ginjal dan meregenerasi sel yang rusak akibat batu ginjal.
  • Dapat memberikan proteksi dari induksi metanol,etanol,aspirin dan zat lainnya.

B. Cara Mengkonsumsi Madu

Sebelum melakukan terapi madu anda perlu melihat seberapa parah indikator angka kraetinin atau kerusakan ginjal,dalam keadaan normal angka kreatinin berkisar 1,4. Kreatinin merupakan sisa perubahan kreatin fosfat yang terdapat dalam otot. Zat ini bisa berubah menjadi racun dan mengendap dalam darah bila ginjal mengalami gangguan. Mengkonsumsi madu bertujuan meningkatkan angka kreatin agar normal kembali bila angka kreatin berada di bawah 1,4. sebaliknya jika angka kreatin berada diatas 1,4 maka madu dikonsumsi sebagai pendamping obat yang di resepkan oleh dokter.

Banyak penderita ginjal melakukan terapi pengobatan dengan madu namun masih mengkonsumsi minuman yang mengandung zat kimiawi seperti alkohol padahal penyakit ginjal timbul diakibatkan kelelahan organ ginjal dalam menyaring sisa metabolisme. maka selain melakukan terapi madu anda juga harus menghindari minuman mengandung zat kimiawi serta rutin minum air putih sebagai pilihan terbaik. berikut tips mengkonsumsi madu yang baik:

  • Mengkonsumsi madu murni tanpa tambahan zat apapun agar kualitas madu itu sendiri tidak berkurang
  • Mengkonsumsi madu pagi hari ketika perut masih kosong dan sebelum tidur malam meskipun begitu kapanpun anda dapat mengkonsumsi madu karena madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.
  • Agar madu mudah dicerna oleh lambung campur madu dengan air liur
  • Mencampur dengan air putih yang bersuhu sedang, karena air panas maupun dingin dapat merusak kandungan madu
  • Meminum madu dengan posisi duduk agar ginjal dapat bekerja dengan baik
  • Berdoa sebelum minum madu

C. Fakta Ginjal

Beberapa fakta mengenai ginjal yang perlu diketahui:

  • Merupakan organ tubuh yang bertugas menyaring sisa metabolisme dan membuangnya keluar tubuh dalam bentuk urin
  • Ginjal dapat rusak bila tubuh terlalu banyak mengkonsumsi zat kimia seperti pewarna,pengawet dan juga obat kimia lainnya.
  • Jika bekerja terlalu keras maka ginjal akanmengalami gangguan atau kerusakan dan menimbulkan rasa sakit pada penderitanya
  • Kerusakan pada ginjal menimbulkan rasa sakit pada pinggul dan bila sudah parah penderitanya akanmengalami kencing darah dan nanah

Demikian beberapa manfaat madu bagi penderita batu ginjal,mengkonsumsi madu secara rutin dapat dilakukan sebagai tindakan pencegahan terhadap berbagai macam penyakit. Selain itu anda jug aharus menjaga sistem imun agar badan tidak mudah sakit. Madu juga sangat baik diminum pada anak- anak agar sebagai penambah nutrisi dan menjaga kekebalan tubuh. Semoga bermanfaat

 

Leave a Comment