Manfaat Madu Sembuhkan Sakit Lambung Kronis

Sudah banyak yang membuktikan khasiat madu untuk menyembuhkan sejumlah penyakit. Tidak terkecuali menyembuhkan penyakit lambung kronis. Terdapat sejumlah senyawa seperti natrium, kalsium, magnesium, alumunium, besi, fosfor dan kalium di dalam madu murni. Disamping itu terdapat pula sejumlah vitamin diantaranya thiamin (B1), riboflavin (B2), asam askorbat (C), piridoksin (B6), niasin, asam pantotenat, biotin, asam folat, dan vitamin K. Maka dari itu tidak mengherankan jika madu memiliki segudang manfaat bagi kesehatatn tubuh. Terlebih lagi, kebaikan madu juga telah dijelaskan dalam Al-Qur’an dan bahkan terdapat suatu surat khusus yaitu surat An-Nahl dimana isi surat tersebut menjelaskan mengenai lebah dan madu.

Rasa manis madu tercipta dari substansi monosakarida, glukosa dan fruktosa dimana ketiganya juga zat yang sama yang memberikan rasa manis pada gula. Dengan meminum madu murni langsung tanpa diolah maka kandungan nutrisi di dalamnya bisa langsung diserap oleh tubuh. Oleh karenanya sangat dianjurkan untuk Anda jeli memilih madu murni karena sekarang ini sudah banyak sekali madu yang dipalsukan.  Dari sekian khasiat madu untuk menyembuhkan penyakit, penyakit lambung kronis adalah salah satu jenis penyakit yang bisa disembuhkan melalui madu. Nah, di bawah ini ada sejumlah manfaat madu untuk lambung kronis :

 

 

Manfaat-Madu-Untuk-Mengobati-Penyakit-Asam-Lambung-Kronis

3 Manfaat Madu Untuk Mengobati Penyakit Asam Lambung Kronis

Khasiat madu untuk mengatasi masalah pencernaan seperti asam lambung yang tinggi telah dipercaya banyak orang sejak lama. Madu dianggap obat herbal  yang mampu  menetralkan asam lambung dan memperbaiki sistem pencernaan sehingga  jika di konsumsi secara rutin penyakit asam lambung akan berangsur-angsur sembuh. Berikut kami berikan ulasan singkat tentang manfaat madu untuk mengatasi asam lambung kronis.

1. Menyehatkan Pencernaan

Kalium dalam madu berfungsi membantu lambung dalam membentuk lapisan alkali jika dikonsumsi saat perut kosong. Karenanya sangat dianjurkan bagi anda untuk mengonsumsi 1 – 2 sendok makan madu dicampur air hangat secara rutin. Konsumsi juga madu saat Anda rasa perih menyerang. Kalium sendiri mampu meningkatkan kinerja organ pencernaan serta mengatasi sejumlah masalah pencernaan diantaranya diare dan dapat juga dimanfaatkan sebagai pencahar.

2. Mengontrol Kadar Garam di Lambung

Madu mengandung mampu melakukan reaksi alkali sehingga dapat menetralisir asam pada lambung dengan membentuk garam. Semakin cepat penyakit lambung ditangani, semaki infeksi pada lambung maupun usus dua belas jari dapat ditangani.

Mengonsumsi madu sebelum makan merupakan salah satu cara efektif untuk mengobati maag. Hal ini dilakukan agar reaksi madu dapat langsung berefek untuk lambung bahkan menghilangkan nanah akibat infeksi pada lambung dan mengurangi zat asam pada lambung.

3. Meringankan Gejala Maag dan Asam Lambung

Saat gejala maag menyerang, maka ambilah segelas air putih hangat dan campurkan dengan beberapa sendok madu. Air hangat membantu mepercepat proses penyerapan kandungan madu oleh lambung. Disamping itu, dengan mencampurkan madu dengan air hangat juga memberi efek nyaman tersendiri bagi perut juga berfungsi meredam rasa nyeri yang ditimbulkanya. Efek viskositas yang terdapat pada madu berfungsi juga membentuk lapisan yang melindungi dinding lambung.

Penyebab Penyakit Lambung

Kadar asam lambung tinggi adalah salah satu indikasi penyakit lambung. Tingginya asam lambung dapat disebebkan oleh berbagai hal. Disamping pola makan yang tidak teratur, penyakit lambung juga dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya :

• Stress
• Mengonsumsi minuman mengandung kefein seperti kopi
• Konsumsi alkohol
• Makan makanan pedas dan berminyak
• Kekurangan cairan
• Kurang mengonsumsi makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayur

Gejala Penyakit Lambung Kronis

Saat penyakit lambung telah mancapai stadium kronis maka pada umumnya penderita akan mengalami hal di bawah ini, yaitu :

1. Mual dan Muntah Berlebihan

Jika Anda mengalami mual dan muntah atau bahkan terdapat darah dalam muntahan tersebut itu artinya anda harus segera menghubungi dokter. Saat telah mencapai tanda ini, maka kemungkinan terdapat luka yang di dinding lambung. Mengunjungi klinik kesehatan adalah jalan terbaik agar sakit lambung tidak semakin memburuk.

2. Nyeri dan Ngilu

Kadar asam lambung tinggi dapat menyebabkan rasa nyeri dan ngilu. Rasa tersebut biasanya muncul pada ulkus peptikum. Kemunculan rasa nyeri ini cenderung tidak menentu lamanya. Biasanya rasa ini timbul saat perut dalam keadaan kosong. Saat tidak terdapat makanan untuk dicerna sedangkan lambung tetap memproduksi asam maka yang muncul adalah rasa perih akibat zat asam menggerus dinding lembung.

3. BAB Berdarah

Indikasi lain untuk mengetahui bahwa penyakit lambung sudah berada pada tingkat yang parah adlaah dengen amengecek keadaan feses. Feses yang bercampur darah merupakan salah satu tandanya. Hal ini terjadi salah satunya dikarenakan makanan yang dicerna lambung tercampur darah kerena dinding lambung terluka. Segeralah perikasa keadaan Anda dengan mengunjungi pusat kesehatan terdekat untuk mendapatkan diagnosisi tepat mengenai penyakit Anda.

Itulah tadi beberapa manfaat serta penjelasan singkat mengenai penyakit lambung. Dengan menjalankan pola hidup sehat, semoga kita senantiasa sehat dandapat dihindarkan dari berbagai penyakit.

Leave a Comment