Manfaat Madu Untuk Penderita Sakit Maag

Madu adalah salah satu hasil alam yang mempunyai sejumlah kebaikan untuk tubuh. Diantara kebaikan tersebut adalah madu dipercaya dapat menjadiobat untuk beberapa jenis penyakit. Salah satu penyakit yang dipercaya dapat disembuhkan dengan madu adalah penyakit maag.

Namun benarkah hal tersebut? Jika memang benar, bagaimana cara menyembuhkan maag dengan madu? Mari simak sedikit ulasan mengenai Manfaat Madu untuk Penderita Sakit Maag

Manfaat Madu Untuk Penderita Sakit Maag

 

4 Manfaat Dan Cara Mengkonsumsi Madu Untuk Mengobati Sakit Maag

Penjelasan Penyakit Maag

Maag adalah salah satu jenis penyakit yang kerap diderita. Terutama bagi mereka yang pola makanya tidak teratur. Maag dapat terjadi karena kadar asam lambung yang terlampau tinggi. Akibatnya tiap kali penyakit ini menyerang, lambung akan terasa perih dan seakan terasa terbakar.

Disamping pola makan yang tidak teratur, ada beberapa hal yang dapat memicu munculnya penyakit maag. Diantaranya seperti :

• Kekurangan asupan serat.
• Terlalu banyak mengonsumsi minuman dengan kandungan caffein tinggi.
• Sering mengonsumsi makanan pedas dan asam.
• Kecanduan alkohol.
• Kurang konsumsi air putih.
• Makan gorengan atau makanan yang mengandung minyak berlebih.

 

Gejala Maag

Seperti jenis penyakit lain, maag juga memiliki beberapa gejala yang mengindikasikan jika seseorang tersebut terkena maag, diantaranya :

1. Nyeri Atau Perih Di Bagian Ulu Hati

Rasa nyeri yang timbul karena jumlah asam lambung meningkat. Biasanya rasa nyeri ini dirasakan di sekitar pada bagian pusar hingga ke tulang dada. Rasa nyeri ini bisa berlangsung dalam hitungan menit hingga beberapa jam. Kemunculan rasa nyeri ini juga cenderung mendadak dan biasanya memburuk di malam hari atau ketika perut anda sedang dalam keadaan kosong.

2. Muntah Darah

Keadaan ini muncul seiring makin parahnya kondisi lambung. Saat seseorang sudah mengalami hal ini maka biasanya telah terjadi luka pada ulkus lambung. Hal ini dapat terjadi karena adanya pembiaran atau maag yang tidak ditangani dengan baik. Saat hal ini terjadi, segeralah pergi ke pusat kesehatan untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

3. Mengecek Feses

Dengan mengecek kondisi feses, anda dapat mengetahui seberapa parah keadaan lambung. Lambung yang terluka dapat meyebabkab perdarahan dan tercampurpada makanan yang telah masuk ke lambung. Feses yang berwarna kehitaman akibat adanya campuran darah adalah salah satu indikasi bahwa keadaan maag anda sudah parah. Untuk lebih jelasnya, anda dapat berkonsultasi dengan petugas kesehatan.]

 

Pengobatan Penyakit Maag dengan Madu

Sebagian orang percaya bahwa madu dapat dijadikan terapi untuk menyembuhkan maag. Sejalan dengan pendapat tersebut, dibawah ini kami jelaskan sedikti mengenai kandungan madu sebagai terapi menyembuhkan maag.

1. Kandungan Alkali

Alkali adalah sejenis zat yang terdapat dalam madu. Reaksi alkali yang terjadi setelah megonsumsi madu bermanfaat untuk menetralisir asam lambung dengan mengubahnya menjadi garam. Dengan terkontrolnya asam lambung setelah mengonsumsi madu maka infeksi pada lambung dan usus 12 jari bisa dihindari.

2. Mengonsumsi Madu Saat Lambung Kosong

Saat perut kosong adalah kondisi terbaik untuk mengonsumsi madu. Dengan demikian zat yang terkandung dalam madu dapat terserap lambung dengan baik dan tidak tercampur dengan makanan lain yang menyebabkan efek berbeda. Dengan mengonsumsi madu saat perut kosong juga berguna menghilangkan nanah akibat infeksi yang ditimbulkan oleh maag tersebut.

 

3. Tinggi Kandungan Kalium

Tidak hanya alkali yang terdapat dalam madu, kandungan kalium pada madu juga cukup tinggi. Kalium berfungsi membantu meningkatkan kinerja pencernaan yang kemudian membentuk lapisan alkali. Konsumsilah madu sebanyak 1-2 sendok teh saat rasa sakit akibat maag muncul. Dengan begitu diharapkan rasa sakitnya berkurang.

4. Meminum Larutan Madu Dan Air Hangat

Madu sudah terkenal sebagai bahan obat sejak berabad silam. Kemampuan viskositas yang dimiliki madu terbukti dapat mengurangi gejala maag. Disarankan untuk mencampur madu dengan air hangat dan secara rutin mengonsumsinya untuk meringankan rasa sakit yang mungkin timbul dari penyakit maag yang diidap.

Nah itulah tadi sedikit penjelasan mengenai madu yang dapat dijadikan terapi untuk menyembuhkan penyakit maag. Menjalani pola hidup sehat dengan makan secara teratur adalah salah satu cara mencegah penyakit maag menjadi parah. Ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter agar penyakit maag dapat ditangani denga baik dan tidak menjadi semakin parah. Semoga artikel ini bermanfaat dan kita selalu diberikan kesehatan.

 

Originally posted 2010-06-05 20:28:10.

Leave a Comment