Manfaat Madu Untuk Sakit Kista

Manfaat madu bagi kesehatan manusia memang sangatlah banyak. Dalam dunia pengobatan pun madu memiliki kegunaan yang sangat banyak, penyakit ringan hingga penyakit beratpun dapat disembuhkan dengan madu. Meskipun begitu secara laboratorium madu belum teruji dan hanya mengandalkan sugesti atau kepercayaan saja. Seperti dalam kasus penderita penyakit kista, belum di temukan secara ilmiah bukti madu dapat meyembuhkan penyakit ini secara pasti melalui penelitian dan pembuktian ilmiah yang memerlukan proses yang sangat panjang.

Manfaat Madu Untuk Sakit Kista

Khasiat Madu Sebagai Penyembuh Alami Penyakit Kista

Apa itu Kista?

Kista merupakan penyakit yang sangat di takuti terutama bagi kaum wanita karena menyerang bagian yang sangat vital yakni organ reproduksi. penyakit ini tergolong dalam penyakit tumor jinak yang terbungkus selaput semacam jaringan dan sering terdapat pada bagian organ reproduksi wanita. Kista biasanya berbentuk kistik seperti cairan kental namun ada juga yang berbentuk seperti anggur yang berisi udara, cairan, nanah dan lainnya. Terdengar sangat menyeramkan memang jika faktanya kista merupakan tergolong penyakit tumor. Akan tetapi jika cepat mendapat pengobatan yang cepat dan tepat maka kista dapat disembuhkan dan tidak membahayakan penderitanya. Berdasarkan tingkat keganasannya kista di bagi menjadi dua bagian. Berikut kami berikan penjelasan singkatnya:

 

1. Kista Non-Neoplastik

Kista non-neoplastik merupakan penyakit kista tingkat rendah atau jinak akrena biasanya dalam waktu 2 atau 3 bulan akan mengempis sendiri

2. Kista Neo-Plastik

Penyakit kista jenis ini merupakan kista parah yang memerlukan perawatan medis yang serius untuk menyembuhkannya. Operasi merupakan pilihan yang tepat untuk menyembuhkan penyakit kista jenis ini namun itu juga tergantung ukuran dan sifat kista.

Penyakit kista tidak muncuk dengan sendirinya namun ada bebera hal yang dapat memicu timbulnya penyakit ini seperti di bawah ini:

  • Konsumsi makanan tidak sehat dan lemak trans yang tinggi
  • Kurang melakukan olahraga
  • Terdapat zat-zat tambahan dalam makanan
  • Faktor genetik
  • Stress yang terlalu sering
  • Alkohol dan sering merokok
  • Polusi dan infeksi

Dengan mengetahui beberapa penyebab penyakit kista di atas maka kita di sarankan menjaga pola hidup yang sehat sehingga dapat memperkecil kemungkinan akan terjangkit penyakit ini. Selain penyebab diatas berikut akan kami beberapa gejala penyakit kista ini:

 

a. Terdapat perubahan jadwal menstruasi

Menurut beberapa orang yang menderita kista mulanya mereka mengalami perubahan siklus menstruasi. Gangguan siklus menstruasi ini dapat terjadi seperti keterlambatan yang cukup lama atau mengalami pendarahan di tengah masa menstruasi.

b. Keluar darah terlalu banyak ketika mens

Anda dapat melihat gejala kista dapat dilihat ketika menstruasi, bila di tengah masa menstruasi anda mengalami terlalu banyak keluar darah atau sebaliknya terlalu sedikit kemungkinan penyakit ini telah menyerang.

c. Terjadi pembengkakan di bagian perut

Biasanya di bagian perut penderita kista mengalami pembesaran dibagian perut, hal ini karena kista telah menjangkiti beberapa organ tubuh sekitar sehingga membesar dan berubah menjadi tumor ganas. sangat dianjurkan jika anda meras telah terkena penyakit ini langsung memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis yang tepat agar tidak berubah menjadi tumor ganas.

d. Nyeri di bagian perut

Ketika anda terkena kista biasanya salah satu gejala yang muncul adalah nyeri di bagian perut yang cukup menyiksa. Biasanya anda akan merasakan rasa sakit dan ngilu seperti digigit semut pada bagian bawah perut kiri dan kanan secara bergantian.

Cara Mencegah Penyakit Kista

Kista dapat disembuhkan dan ada banyak cara untuk menyembuhkannya. berikut beberapa ulasan penting tentang bagaimana cara mencegah dan mengobati penyakit kista secara jelas:

1. Membiasakan Pola Hidup Yang Sehat

Kunci utama memiliki tubuh yang sehat adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, tidak merokok,mengkonsumsi minuman beralkohol, makan makanan yang baik dan sehat akan memperkecil kemungkinan anda terkena penyakit kista.

2. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Antioksidan

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan membuat tubuh terhindar dari radikal bebas. Polusi debu dan bahan kimia lainnya dapat memyebabkan radikal bebas dan sebagai salah satu penyebab timbulnya penyakit kista. Madu merupakan salah satu bahan makanan yang banyak mengantuk antioksidan didalamnya dan bisa menghalangi radikal bebas menyerang tubuh.

Demikian sedikit ulasan tentang manfaat madu, penyebab serta pengobatan penyakit kista. Madu dipercaya memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh serta mampu menyembuhkan banyak penyakit, hanya belum ada bukti secara ilmiah yang membuktikan hal tersebut. semoga artikel ini bermanfaat

Leave a Comment