Manfaat Masker Madu dan Jeruk Nipis Setiap Hari

Memiliki kulit wajah yang putih, cerah, cantik, dan bebas jerawat tentu menjadi impian setiap wanita. Berbagai cara terkadang menjadi pilihan untuk mendapatkan kulit yang diimpikan, seperti menggunakan produk berbahan kimia untuk mendapat kulit putih secara instan. Padahal, penggunaan produk kimia secara berlebihan yang tidak diketahui kejelasannya dapat merusak kulit wajah. Masih ada banyak cara lain yang lebih aman untuk mendapatkan kulit wajah cantik, seperti menggunakan madu dan jeruk nipis. Anda bisa mendapatkan banyak sekali manfaat masker madu dan jeruk nipis setiap hari.

 

Madu dan jeruk nipis memiliki kandungan yang berbeda. Madu terasa manis, sedangkan jeruk nipis mengandung asam. Namun, perpaduan kedua bahan ini justru memberikan sejuta manfaat untuk kesehatan kulit wajah. Cara membuat dan penggunaan masker madu dan jeruk nipis pun sangat mudah. Apa saja manfaat dan bagaimana cara membuat masker madu dan jeruk nipis? Simak ulasannya di sini!

Manfaat Masker Madu dan Jeruk Nipis

  • Mencegah datangnya jerawat
  • Memberantas jerawat pada wajah
  • Pembersih kotoran wajah yang lembut, aman, dan alami
  • Mengecilkan pori-pori kulit wajah
  • Melembutkan kulit wajah
  • Menghilangkan kemerahan dan menenangkan kulit wajah yang disebabkan iritasi
  • Mencerahkan kulit wajah
  • Meratakan warna kulit wajah
  • Membantu menghilangkan bekas jerawat
  • Membantu kulit wajah agar terjaga kelembapannya sehingga bebas dari kulit kering

 

Cara Membuat Masker Madu dan Jeruk Nipis

Cara membuat masker alami ini sangat gampang. Dengan kedua bahan yang mudah dicari dan didapat, Anda bisa merasakan manfaat masker madu dan jeruk nipis setiap hari. Selain kedua bahan utama, yaitu madu dan jeruk nipis, Anda juga bisa menambahkan bahan lainnya untuk lebih memaksimalkan manfaat yang didapat. Berikut beberapa masker madu dan jeruk nipis yang bisa Anda buat dan coba di rumah:

  1. Masker madu dan jeruk nipis

Dengan berbahan madu dan jeruk nipis saja, masker ini bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat membandel dan mencerahkan kulit wajah.

Campurkan dua sendok teh madu mentah dan setengah sendok teh air perasan jeruk nipis. Aplikasikan ke wajah dan leher secara merata, hindari area mata. Diamkan selama 20-30 menit dan kemudian bersihkan menggunakan air hangat, yang dilanjutkan dengan air dingin hingga tidak ada residu yang tersisa di kulit. Jika ada luka terbuka seperti jerawat yang pecah di wajah, maka mungkin akan terasa sedikit perih. Hal ini dikarenakan efek dari jeruk nipis yang digunakan.

  1. Masker madu, jeruk nipis, dan kayu manis

Jika Anda mempunyai masalah kulit wajah dengan minyak berlebih, maka masker alami ini cocok untuk Anda. Kandungan yang terdapat dalam kayu manis dan jeruk nipis dapat membantu menghilangkan minyak berlebih yang memicu munculnya jerawat. Jeruk nipis berperan sebagai astringen yang dapat mengecilkan pori-pori kulit sehingga mengurangi produksi minyak berlebih.

Siapkan dua sendok makan madu murni, satu sendok teh kayu manis bubuk, dan sedikit air perasan jeruk nipis. Hangatkan madu (jika diperlukan) untuk membantu proses pengadukan agar semua bahan bisa tercampur rata. Aduk rata semua bahan hingga membentuk pasta. Oleskan pasta ke wajah dan pijat pelan menggunakan jari selama beberapa menit. Lalu diamkan pasta selama 15-20 menit dan kemudian bersihkan menggunakan air.

  1. Masker madu, jeruk nipis, oatmeal, dan yogurt

Untuk Anda yang ingin mendapat banyak manfaat sekaligus dalam satu masker alami, masker perpaduan keempat bahan ini bisa menjadi jawabannya. Berbahan madu, jeruk nipis, oatmeal, dan yoghurt, masker ini berguna sebagai antioksidan, pelembap, dan pembersih kulit wajah.

Untuk membuatnya, Anda membutuhkan satu sendok makan oatmeal yang telah dihancurkan (bisa dengan cara ditumbuk atau menggunakan blender), dua sendok makan yoghurt, dua sendok teh madu, dan seperempat sendok teh air perasan jeruk nipis. Campur semua bahan hingga rata. Gunakan masker dan diamkan selama 20-30 menit. Anda bisa menggunakan kain lembut atau handuk yang telah dibasahi terlebih dahulu untuk membersihkannya.

  1. Masker madu, jeruk nipis, dan putih telur

Masker ini bermanfaat untuk Anda yang sedang bermasalah dengan jerawat di wajah. Kandungan ketiga bahan dalam masker ini mampu membunuh bakteri penyebab jerawat dan membantu menyamarkan noda hitam pada wajah.

Siapkan satu putih telur, satu sendok makan madu, dan satu sendok teh air perasan jeruk nipis. Campurkan semua bahan dan gunakan ke seluruh wajah serta leher, hindari area mata. Diamkan selama 15 menit dan bilas wajah menggunakan air hingga bersih.

 

Cara Menggunakan Masker Madu dan Jeruk Nipis

Untuk mendapatkan manfaat masker madu dan jeruk nipis setiap hari, gunakanlah masker secara teratur sekitar satu hingga tiga kali dalam seminggu. Sebelum menggunakan masker, pastikan kulit wajah sudah bersih dan bebas dari kosmetik sehingga nutrisi dari masker bisa terserap secara maksimal. Jika Anda mengoles masker menggunakan jari dan bukan menggunakan cosmetic brush, maka jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Wadah atau tempat untuk menaruh masker juga harus bersih dan terbebas dari kotoran.

Saat ingin membersihkan wajah setelah menggunakan masker, pastikanAnda benar-benar membersihkannya sehingga tidak ada sisa masker yang masih menempel di wajah. Jika setelah Anda selesai menggunakan masker dan masih ada sisa masker yang belum terpakai, maka Anda bisa menyimpannya di lemari pendingin. Simpan sisa masker di wadah yang tertutup rapat dan kedap udara. Ketika ingin menggunakan masker lagi, Anda hanya perlu mengeluarkan masker dari lemari pendingin dan mendiamkannya sebentar hingga mencapai suhu ruangan agar masker lebih mudah diaplikasikan ke wajah.

Leave a Comment